Titik Buta Transisi

Ajak orang terdekat memahami keadaan Bumi kita
Sebarkan ke

Mengejar misi dunia mencapai Net Zero tahun 2050 artinya memenuhi permintaan energi terbarukan secara signifikan termasuk penyediaan bahanĀ  baku kendaraan listrik, panel surya, turbin angin, pembangkir listrik panas bumi dan infrastruktur terkait lainnya.

Tetapi saat ini ketersediaan bahan logam tidak mencukupi. Menambang besar-besaran bukan pilihan bijak. Jika mendaur ulang setidaknya dibutuhkan empat kendaraan berbahan bakar BBM untuk menghasilkan satu kendaraan listrik.

Jika demikian untuk mencapai energi terbarukan dibutuhkan lebih banyak lagi penambangan. Sayangnya laporan terbaru dari IPCC tidak mempertimbangkan tentang pertambangan. Ini menandakan ambisi serius dari pejabat pemerintah, pemimpin perusahaan dan aktivis masih memiliki titik buta untuk dikoreksi.

Yang pasti industri pertambangan secara historis menjadi sumber kerusakan lingkungan dan sosial. Bentang alam rusak ditambah pelanggaran HAM sampai menghilangkan nyawa aktivis yang bersuara lantang menolak!

Apakah pemimpin dunia pendukung kebijakan Net Zero mampu mendorong penambangan yang lebih bertanggung jawab baik kepada alam maupun sosial?

Ajak orang terdekat memahami keadaan Bumi kita
Sebarkan ke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.