Memunculkan Model Bisnis Baru: Mengatisipasi Dampak Perubahan Iklim

Ajak orang terdekat memahami keadaan Bumi kita
Sebarkan ke
Peluang bisnis perubahan iklim

Perubahan iklim bukan lagi masalah baru. Banyak diceritakan tentang dampaknya terhadap keberlangsungan hidup dan strategi mitigasinya baik secara organisasi maupun individu.

Bagimana perusahaan mengatisipasi dampak perubahan iklim pada bisnis mereka memberikan dorongan menciptakan model bisnis baru. Sebuah strategi jangka panjang agar perusahaan mampu beradaptasi terhadap perubahan iklim. Lebih jauh untuk memastikan perusahaan tetap bertumbuh dan terbarukan.

Pentingnya adaptasi perubahan iklim bagi perusahaan

Wacana seputar perubahan iklim saat ini masih terpusat pada mitigasi. Yakni solusi yang dapat ditempuh untuk mengurangi bahkan menghilangkan penyebab atau dampak perubahan iklim.

Meskipun mitigasi menjati prioritas utama saat ini, adaptasi sama pentingnya. Namun entah kenapa topik mengenai adaptasi peruhaban iklim kurang diminati.

Adaptasi terjadi jika ternyata mitigasi tak cukup efektif menekan perubahan iklim. Tidak ada cara selain beradaptasi dengan keadaan! Tentu saja ini pilihan terakhir lho ya.

Menurut majalah Inc. perusahaan dengan peluang sebesar $26 triliun dolar dan menciptakan 65 juta lapangan kerja pada tahun 2030 adalah perusahaan yang bergerak dalam adaptasi perubahan iklim.

Bisnis pencegahan dan adaptasi perubahan iklim menjanjikan

Solusi akan perubahan iklim begitu mendesak mengingat skala dampak kerugiannya mencakup seluruh dunia. Seluruh negara dengan cepat meluncurkan program dan kebijakan menekan perubahan iklim. Target ambisius mencapai Net Zero pada tahun 2050.

Perusahaan swasta menjadi lebih aktif berperan mengatasi perubahan iklim dalam proses bisnis mereka. Bukan hanya karena tanggung jawab perusahaan tetapi juga keberlangsungan bisnis.

Peluang bisnis penanganan perubahan iklim dibagi menjadi tiga jenis yaitu;

  1. Diagnostik Iklim
    Mengumpulkan dan menggunakan data perubahan iklim untuk mendukung pengambilan keputusan oleh perusahaan dan pemerintahan. Wujudnya antara lain media berita, konsultan dan penyedia perangkat lunak layanan (Saas).
  2. Solusi Ketahanan
    Memberikan solusi untuk mencegah kejatuhan/kerugian mendadak atau memberikan kompensasi atas dampak buruk yang disebabkan oleh perubahan iklim. Diantaranya seperti asuransi dan pengamanan.
  3. Pemulihan
    Setelah perubahan iklim tak terkendali perusahaan bisa menawarkan jasa dan produk baru yang dapat digunakan untuk beradaptasi. Misalnya bisnis barang dan jasa.

Setiap sesuatu ada positif dan negatifnya termasuk perubahan iklim. Di satu sisi membawa kerugian dilain sisi memunculkan peluang baru.

Perusahaan tidak boleh hanya berfokus pada mitigasi tetapi juga harus berpikir jauh kedepan untuk beradaptasi. Memastikan bisnis tetap berjalan dan memperoleh keuntungan.

Perusahaan harus tahu posisinya saat ini dan posisi setelah perubahan iklim bertambah parah. Harus memikirkan strategi bagaimana tetap memiliki bisnis yang sehat ditengah-tengah perubahan iklim.

Lamban berinovasi, selamat tinggal!!

Ajak orang terdekat memahami keadaan Bumi kita
Sebarkan ke

One thought on “Memunculkan Model Bisnis Baru: Mengatisipasi Dampak Perubahan Iklim”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.