Apa sih “Net Zero”

Mudah-mudahan net zero terwujud tahun 2050. Diperlukan sinergi semua pihak.

Ajak orang terdekat memahami keadaan Bumi kita
Sebarkan ke
Net Zero

Kalau dilokalisasikan menjadi “nol bersih”?

Apapun terjemahannya ‘net zero’ berarti tidak menambah jumlah gas penyebab rumah kaca di atmosfer.

Itu sama dengan mengurangi emisi karbon sebanyak mungkin. Emisi tersebut berasal dari gas CO2 (karbon dioksida) yang dihasilkan dari menggunakan bahan bakar fosil seperti minyak (BBM), gas dan batubara.

Selain CO2 gas Metana yang dihasilkan dari aktivitas pertanian dan TPA (tempat pembuangan sampah) juga berperan besar dalam memerangkap energi matahari didalam Bumi.

Jadi gini, harusnya energi panas matahari dipantulkan kembali keluar Bumi. Karena gas rumah kaca panas tersebut malah dipantulkan lagi ke Bumi.

Peran hutan berangsur hilang

Proses fotosintesis daun pohon menyerap CO2 di udara. Yang terjadi justru kebalikan. Gas rumah kaca bertambah sementara hutan digunduli.

Tahun 2015 dibawah Paris Agreement 197 negara sepakat menjaga kenaikan suhu tidak lebih dari 1.5 derajat Celcius. Pokoknya maksmal 1.5 derajat Celcius. Tujuannya mengindari dampak terburuk perubahan iklim.

Target 2050

Ilmuwan mengakatan jika ingin selamat ‘net zero’ harus dicapai tahun 2050.

Apakah berarti menghilangkan total emisi CO2?

Tidak semudah itu ferguso karena tidak semua emisi dapat diturunkan hingga NOL. Nah emisi yang tidak bisa hilang ini harus dikompensaikan ke hal lain seperti menanam lebih banyak pohon untuk menyerapnya.

Ada banyak kegiatan menamam pohon salahtunya Lindungi Hutan. Opsi lainnya menghilangkan emisi karbon di udara dengan mesin. Disediakan dana Rp 13.2 triliun untuk mewujudkan mesin tersebut.

Apakah setiap individu mampu melakukannya?

Berpindah kebiasaan tidak mudah. Ini berarti mengganti ke kendaraan listrik dan berhemat. Karena tidak mudah, perlu kerjasama agar terus termotivasi.

Peran Indonesia?

Cina negara penghasil CO2 terbanyak didunia mengatakan target ‘net zero’ direalisasikan tahun 2060. 130 negara sepakat sebelum tahun 2050 harus ‘net zero’lha Cina kok…? belum ada penjelasan juga bagaimana Cina akan melakukannya.

Bukan hanya Cina, Rusia juga gitu target ‘net zero’ nya tahun 2060. Sama belum ada penjelasan bagaimana akan melakukkanya. Bahkan baru-baru Putin menepis semua bahaya yang ditimbulkan dari kenaikan suhu 🙁

Parahnya lagi Cina dan Rusia tidak hadir di KTT COP26 (Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa). Mangkir!

Lebih mudur lagi India target ‘net zero’ tahun 2070.

Beberapa negara berpenduduk terbanyak juga belum membuat komitmennet zero’ termasuk INDONESIA! Beberapa waktu lalu Indonesia dan Korea Selatan memanas karena Indonesia menghentikan ekspor batubara. Tapi lagi-lagi karena urusan politik keran ekspor dibuka seperti biasa lagi.

Ruwet!

Misalnya Indonesia dan Korea Selatan. Berupaya menekan emisi karbon dari pembakaran batubara. Di sisi lain tanpa batubara Korea Selatan kekurangan listrik karena pembangkitnya masih menggunakan batubara sebagai bahan bakar.

Jadinya gini, negara A berhasil menekan emisi karbon. Tapi negara A impor produk dari negara B yang dalam proses pabrikasinya menghasilkan emisi karbon.

Kesimpulannya target ‘net zero’ tahun 2100 bukan hal mudah!

Ajak orang terdekat memahami keadaan Bumi kita
Sebarkan ke

One thought on “Apa sih “Net Zero””

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.